Selasa, 15 April 2014

Janji Nandi

Nandi punya janji sama emak. Emak yang baru 2 hari lalu meninggal karena tetanus, meninggalkan sebuah pesan kepada anak semata wayangnya. Kalau bahasa planet Pluto-nya: surat wasiat!

Kertas 2 halaman itu ditulis dengan tangan. Catet: tangan ya bukan kaki. Tangannya juga tangan kanan bukan tangan kiri. Dan Nandi hafal banget kalau itu tulisan tangan emak yang ditulis dalam remang cahaya.

“Ndi, ini emak titipin amanat! Plisss jangan lupa jalanin ya. Emak udah gak sanggup nafas lagi. Huh.. hah... huh... hah...,” Emak menyerahkan sebuah amplop coklat.

Tak urung, Nandi ngangguk juga sampe kutunya jatoh satu. Iihaaa! *ceritanya jatohnya pake tali ala cowboy*

“Janji?” Emak main kelingkingan. Nandi ngangguk, menggaet kelingking emak yang ceking tanpa diet. Persis kayak salah satu adegan film remaja: Love is Tresno.

“Insya Allah, Mak! Nandi janji.” Mata Nandi berkaca-kaca. Sebenarnya, menangis adalah pantangan buat Nandi. Karena semenjak Nandi masuk sebagai anggota geng Prematur (PREman-preman MAcho dan suka maen caTUR), ia disyaratkan untuk pantang menangis dalam kondisi apapun. Termasuk gak boleh nangis pas ngiris bawang merah. Padahal aslinya si Nandi  ini melankolis banget alias tipe preman yang gampang tersentuh hatinya apalagi pas ngeliat sinetron Nikita Willy yang ada adegan Nikita-nya nangis kejer di bawah rinai ujan. Hiks hiks.

“Sebelum Emak pergi,” lanjut emak sambil megap-megap, “Emak mau bilang sama dirimu, Ndi!”

“Bilang apa, Mak?” Wajah Nandi berubah jadi abstrak dan gak terdefinisikan. Ia sudah punya firasat, cadangan nafas emaknya udah gak cukup lagi.

Dalam mengapnya, emak berkata, “si Ipan pake xperia tuh gus.. beliin emak. Assalamu'alaikum!” Sebelum akhirnya emak berusaha keras buat ngucapin syahadat.

Nandi melongo. Apaan tuh Xperia? ( di cerita ini nandi taunya cman onoOPPO doank :p #piss) Nandi membatin sekalian ambil ancang-ancang buat jawab salam Emak, namun malaikat gak mau nunggu. Emak sudah dibawa nyusul bapak yang udah meninggal duluan.

Tangis Nandi yang macho itu pun pecah tak tertahankan lagi. Sekarang statusnya sudah resmi jadi yatim piatu. Ah… bapak pergi karena penyakit wasir, dan kini giliran emak karena tetanus.

Dan berkibarlah bendera kuning tanda duka itu dari rumah Nandi Suendi.

***

2 hari sudah berlalu...

Nandi pun akhirnya membuka surat wasiat Emak yang tak sempat dibukanya 2 hari lalu karena sibuk berduka. Kertas itu ada 2 lembar. Begini isinya:

Assalamu'alaikum…

Nandi, anak Emak tersayang karena semata wayang dan doyan main layang-layang sambil kayang di bawah jalan layang dan kadang suka ngilang. Mungkin setelah dirimu baca surat ini, Emak sudah gak ada. Mak cuma dapet firasat akan cepet pergi, setelah nonton telenovela Marimar.

Nandi mem-pause bacaannya. Nandi menyeka airmatanya dengan ujung sajadah dan tersenyum kecut. Emak ada-ada aja, Nandi membatin.

Dirimu jangan sedih ya, di. Dirimu harus tetep hidup dan punya anak banyak. Banyak anak, banyak rejeki. Wasiat Emak gak banyak kok. Silakan baca dengan seksama dan teliti dan jangan terburu-buru, ntar dirimu kesandung batu.

WASIAT EMAK :

   1. Jangan lupa shalat dimanapun dirimu berada.


Jangan lupa pake peci sama sajadah. Dan jangan lupa juga dicuci pake sabun colek bukan pake oli lalu dijemur ya, Ndi.

   2. Dirimu hidup bukan untuk diri sendiri. Tapi hiduplah untuk orang lain.


Kata-kata ini, emak contek dari novel. Jadi jangan heran, kalo emak keliatan pinter. Sebenernya, emak juga gak tau artinya, hehe.

   3. Cari kerjaan yang bener. Jangan jadi preman lagi. Kerja apa aja yang penting halal dan berkah.
Kata-kata ini, emak juga contek dari pengajian lho.

Gak perlu jadi presiden, atau anggota DPR, Ndi! Emak gak mau dirimu lama dihisabnya. Jangan jadi pengangguran terus juga. Pengangguran banyak godaannya.

   4. Yang terakhir, sebagai ahli waris, bayarin utangnya Emak, ya. Lampirannya ada di halaman selanjutnya.

Sampai bagian ini, Nandi buru-buru buka lembar kedua. Dan mata Nandi membelalak melihat daftar hutang emak yang full satu lembar folio. Di sana tertulis jelas tanggal utang, jenis utang, banyak utang, tempat utang, dan sebagainya. Nandi jadi semaput untuk beberapa saat.

Setelah semaputnya hilang, ia lanjutkan membaca.

Emak tunggu utang Emak lunas ya, Ndi.. Ditunggu ya, di. Jangan lama-lama ya. Biar emak di dalam kubur bisa plong.

Emak loves you, muaaaach…

Wassalam,

Emak Nandi

Nandi lemes. Kertas itu jatuh terkulai di sampingnya. Kakinya tiba-tiba kesemutan. Matanya tiba-tiba dipenuhi oleh kunang-kunang. Nandi nangis jejeritan, persis kayak anak ayam kejepit pintu triplek. Emaaakkkk…. utangnya kok banyak bener?! Nandi klenger.


====BERSAMBUNG====

0 komentar:

Posting Komentar